eight Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat kulit manggis ada banyak. Kulit manggis mengandung zat seperti xhantone, tanin, dan astosionin. Zat-zat tersebut menjadikan manggis dapat dimanfatkan untuk antiinflamasi, antialergi, antibakteri, antifungi, hingga antioksidan. Semua zat tersebut merupakan zat yang sangat bermanfaat untuk merawat kulit dan kesehatan tubuh secara umum.

Manggis adalah buah yang sudah tidak lagi asing di telinga. Selain buahnya yang enak, bagian lain yang mengandung banyak sekali manfaat adalah kulitnya.

Kulit manggis dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh bahkan untuk merawat kecantikan.

Beberapa manfaat kulit manggis
Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kulit manggis

1. Antialergi dan Antiinflamasi
Kulit manggis dapat menghambat kadar histamin dalam tubuh. Histamin ini merupakan penyebab seseorang terkena penyakit alergi.

Selain itu kulit buah manggis juga mengandung zat antiinflamasi (antiradang) yang dapat meredakan peradangan.

Sebuah penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan, kandungan kulit manggis dapat menghambat enzim yang menyebabkan pati dalam tubuh terurai menjadi glukosa.

Kandungan tersebut sama seperti zat yang terdapat dalam resep obat diabetes tipe 2.

3. Mencegah Penyakit Jantung
Kulit manggis mengandung salah satu zat yaitu xanthone.

Xanthone ini berfungsi sebagai antioksidan tremendous yang sangat baik untuk mengobati penyakit jantung. Zat ini dapat mengurangi penumpukan lemak dan melebarkan pembuluh darah.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan
Kulit manggis mempunyai serat dengan kadar yang tinggi sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu juga bisa mencegah terjadinya sembelit/konstipasi.

Kandungan serat pada kulit manggis akan mendorong proses penyerapan nutrisi dari makanan oleh usus serta mendorong keluar sisa-sisa pencernaan makanan.

5. Mengendalikan Kadar Kolesterol
Kulit manggis yang mempunyai kandungan serat tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sekaligus kadar trigliserida darah.

6. Memperlambat Penuaan
Kandungan antioksidan dalam kulit manggis bagus untuk memperlambat proses penuaan.

Antioksidan tersebut menyingkirkan sel-sel mati kemudian mendorong regenerasi sel-sel baru. Salah satu manfaatnya bisa terasa pada kulit yang diperlambat kemunculan keriput-keriput halusnya.

7. Mencegah Serangan Stroke
Kandungan antioksdian selain bisa memperlambat penuaan, juga bisa mencegah serangan stroke. Dengan cara menjaga kelenturan dinding pembuluh darah sehingga tidak mengeras.

8. Mencegah Kanker
Kulit manggis memiliki kemampuan antiproliferasi yang mampu memperlambat pertumbuhan serta perkembangan dari sel-sel kanker.

Akan tetapi tentunya tidak bisa hanya mengandalkan manfaat kulit manggis dalam mengobati kanker, karena bagaimanapun herbal itu tidak cukup efektif untuk membunuh sel kanker sendirian.

Referensi: 11 Health Benefits of Mangosteen (And How to Eat It)