Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kulit Manggis Yang Perlu Kamu Tahu

Setiap buah memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Tidak terkecuali, buah manggis dan kulitnya yang keras. Ternyata, manfaat kulit manggis sangat banyak, loh. Selain untuk kesehatan, kulit manggis juga bagus untuk kecantikan kulit.

Manfaat kulit manggis akan sangat terasa saat dalam keadaan kering. Jemur kulit manggis terlebih dulu di bawah terik matahari, pastikan tidak tumbuh jamur di bagian dalamnya. Setelah itu, kulit manggis siap diolah menjadi obat bagi tubuh.

Buah manggis sendiri memiliki masa panen sekitar 5 bulan yaitu mulai November – Maret. Pada bulan-bulan tersebut, pasokan buah manggis akan melimpah di pasar. Tidak sempat berburu manggis? Jangan khawatir karena kamu bisa berbelanja buah lokal berkualitas lewat aplikasi belanja on-line yang ada di dalam ponsel.

Jika sudah mengonsumsi manggis, jangan lupa untuk memanfaatkan kulitnya. Kulit manggis yang sudah kering dapat dimanfaatkan dengan cara direbus untuk diambil airnya atau dihaluskan hingga menjadi bubuk. Berikut adalah manfaat kulit manggis yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Manfaat Kulit Manggis untuk Tubuh
Mari kita mulai mencari tahu manfaat kulit manggis di bawah ini. Dijamin pandangan kamu akan berubah setelah membacanya.

1. Antialergi
Manfaat kulit manggis yang pertama adalah mampu mencegah dan mengobati alergi. Kamu yang saat ini punya masalah alergi atau gatal pada kulit setiap mengonsumsi makanan tertentu ada baiknya mulai melirik kulit manggis sebagai obat.

Kulit manggis mengandung zat prostaglandin yang berfungsi untuk menghambat kadar histamin di dalam tubuh. Histamin sendiri adalah senyawa di dalam darah yang muncul saat tubuh mengalami reaksi alergi karena virus atau infeksi.

Saat histamin ‘keluar’, biasanya ditandai dengan timbulnya bentol kemerahan yang diiringi rasa gatal. Dengan adanya zat prostaglandin, peradangan yang ada di permukaan kulit bisa dicegah secara signifikan.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan kulit manggis untuk mengobati alergi? Rutin minum air rebusan kulit manggis setiap hari bisa menjadi langkah awal. Jika kamu bukan termasuk orang yang mudah terkena alergi, kamu bisa mengonsumsi air rebusan kulit manggis setiap 2 atau three hari sekali.

2. Membunuh sel kanker
Selain zat prostaglandin, kulit manggis juga mengandung beberapa senyawa antioksidan: Xanthone, tanin, dan antosianin. Tiga zat antioksidan ini nyatanya sangat baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Senyawa xanthone, tanin, dan antosianin yang ada di dalam kulit manggis memiliki sifat anti-kanker. Artinya, senyawa tersebut mampu menghalangi pertumbuhan sel kanker serta membunuh sel kanker yang ada di dalam darah.

Kemampuan tersebut membuat stadium kanker yang ada di dalam tubuh manusia dapat dicegah lebih lambat. Selain itu, pertumbuhan sel tumor juga dapat dihambat sehingga pembesaran tumor dapat dicegah secara perlahan.

3. Mencegah penuaan dini
Manfaat kulit manggis selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Gejala penuaan dini akan mulai dirasakan pria dan wanita di usia 25 tahun ke atas. Beberapa tanda awal yang biasanya muncul adalah kulit yang terlihat kusam, muncul garis halus di sisi mata dan bibir, dan kulit yang lebih kering.

Kulit manggis mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu mencegah tanda-tanda penuaan tinggi tersebut. Antioksidan juga sangat bagus untuk menangkal radikal bebas yang bahaya bagi kesehatan dan kesegaran kulit.

Rutin mengonsumsi olahan kulit manggis dapat membantu kamu agar lebih awet muda. Kamu bisa minum air rebusan kulit manggis secara rutin sehari satu gelas. Untuk perawatan luar,kamu bisa memanfaatkan air rebusan kulit manggis yang sudah dingin sebagai toner atau bilasan terakhir setelah mencuci muka.

four. Mengatasi jerawat dan flek hitam
Selain mencegah penuaan dini, kulit manggis juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat dan flek hitam di wajah. Seperti yang kita tahu, jerawat muncul karena tidak seimbangnya hormon manusia. Faktor itu diperparah dengan kulit wajah yang tidak bersih, sering terpapar udara kotor dan polusi, serta panas sinar matahari.

Saat kulit wajah tidak bersih, pori-pori akan tersumbat sehingga minyak di dalam lapisan kulit ikut terkontaminasi. Sumbatan mengakibatkan radang sehingga membuat jerawat muncul di kulit.

Tidak hanya itu, bekas jerawat yang tidak kunjung hilang membuat wajah muncul flek hitam. Tanpa perlu menggunakan banyak bahan kimia, kamu bisa memanfaatkan kulit manggis sebagai solusi dua masalah ini.

Saat selesai beraktivitas, bersihkan wajah seperti biasa. Setelah itu, basahkan beberapa helai kapas dengan air rebusan kulit manggis. Kompres wajah selama 15 menit seperti kamu memakai masker.

Lakukan perawatan tersebut 2x seminggu dan rasakan hasilnya. Kulit wajah akan jauh lebih sehat dan ternutrisi, jerawat dan flek hitam pun perlahan lenyap dan tidak muncul kembali.

5. Peluruh lemak dan gula darah
Manfaat kulit manggis selanjutnya yang tidak kalah penting bagi tubuh adalah sebagai peluruh lemak dan juga gula darah. Untuk manfaat super ini, peran senyawa xanthone sangat penting.

Sebagai antioksidan, xanthone dapat menetralkan komponen buruk yang ada di dalam darah. Komponen buruk itu tidak lain adalah lemak dan zat gula berlebih. Lemak dalam darah akan luruh, zat gula berlebih juga akan berkurang secara berkala. Darah akan lebih bersih dan sehat sehingga semua organ yang dialiri akan bekerja lebih optimal.

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh sebetulnya sangat banyak. Hal yang paling penting adalah, pilih kulit manggis yang tidak mengandung pestisida, bertekstur bagus, dan tidak kotor atau berjamur.

Untungnya, saat ini kamu tidak perlu bingung saat ingin berbelanja buah manggis yang berkualitas dan terjamin kesegarannya. Kamu cukup membeli lewat aplikasi Chilibeli! Selain pembeliannya mudah, kamu juga bisa mendapatkan banyak benefit jika bergabung sebagai reseller atau Sobat Chilibeli.

Selain itu, Chilibeli juga menjangkau hingga ke banyak daerah sehingga proses pembelanjaan dan pembelian akan lebih mudah. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera bergabung dengan Chilibeli agar kamu bisa segera merasakan manfaat kulit manggis dan buah segar lainnya.