Spesifikasi Dan Harga All

TOKYO – All-new Honda Freed dan Freed+ telah resmi dijual di Jepang. Pabrikan menawarkan sixteen varian berbeda sesuai kebutuhan konsumen.

Honda Freed dan Freed + 2017 dikembangkan sebagai kendaraan yang dapat digunakan oleh konsumen kapan pun, di mana pun dan kemana pun. Namun, Honda membuat sedikit perbedaan di antara kedua mobil tersebut.

Freed dibekali dengan kursi 3 baris sementara Freed+ hanya dilengkapi dengan kursi 2 baris. Apa perbedaan mendasar antara Freed dengan Freed+? Berikut ulasan Otospirit.

Interior all-new Honda Freed

Interior all-new Honda Freed

Interior Freed didesain dengan konsep ‘Natural Modern Interior’. Honda memang berusaha untuk membuat kabin senyaman mungkin seperti di sebuah resort. Kursi dibalut dengan bahan material yang terlihat apik dikawinkan dengan panel kayu di dalam.

Sementara inside Freed+ menggunakan desain bertema ‘Wonder Pack Interior’ yang menampilkan kesan lebih dinamis. Freed+ menggunakan bahan cloth dengan gambar 3D kotak-kotak, kontras dengan panel logam yang digunakan untuk melengkapi inside kendaraan.

All-new Honda Freed

Eksterior didesain lebih elegan

Untuk tampilan eksterior, Honda tidak memberi banyak perbedaan di antara keduanya. Freed dan Freed+ tetap menggunakan konsep ‘Dynamism and Functionality’. Konsep ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan mobil menarik, fungsional namun tetap apik bila dibawa sendiri.

Meski demikian, ada beberapa fitur tambahan pada Freed+ yang tidak bisa ditemukan pada Freed. Fitur paling mencolok Freed+ adalah lantai belakang lebih renda 185 mm dari varian Freed Spike, hal itu memudahkan pelanggan untuk memasukkan barang bawaan. Contohnya kursi roda yang harus menggunakan rel khusus. Karena posisi bibir lantai lebih rendah maka rel dapat lebih landai.

All-new Honda Freed mulai dijual di Jepang

Tersedia Versi Hybrid

Perbedaan lain memang nyaris tidak ditemukan lagi. Pasalnya, Freed dan Freed+ berbagi mesin yang sama yaitu 1.5-liter direct injection DOHC i-VTEC engine dan dibekali dengan teknologi CVT. Sementara untuk hybrid, Freed dan Freed+ menggunakan 1.5-liter Atkinson cycle DOHC i-VTEC engine yang dikawinkan dengan SPORT HYBRID i-DCD (intelligent Dual-Clutch Drive) dan ditambahkan one-motor 7-pace DCT.

MPV 7-seater ini mengawinkan mesin bakarnya dengan transmisi CVT dan versi hybrid dengan tranamisi 7-speed DCT. Klaim Honda, all-new Freed versi hybrid konsumsi BBM-nya 27,2 km per liter, dan versi mesin bakar sesuai hasil uji coba inside tercatat 19 km per liter.

Untuk konsumennya di Jepang, all-new Honda Freed dijual mulai 1.880.000 yen – 2.748.200 (Rp 241 – Rp 353 juta) dan goal penjualan 6.000 unit per bulan.

All-new Honda Freed dipastikan masuk Indonesia sebagai rival Toyota Sienta. Meski sudah bisa dipastikan, namun PT Honda Prospect Motor (HMP) pasti akan pikir-pikir menjual varian hybrid-nya karena banderolnya akan “selangit”. [Adi/Ikh]