Suzuki Ertiga 2020

Review Suzuki Ertiga Sejak diluncurkannya pertama kali dipamerkan di acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 dan selanjutnya tepat pada tahun 2012, PT. Suzuki Indomobil Sales akhirnya memperkenalkan versi produksinya dengan nama Suzuki Ertiga. Sebagai andalan mobil Low MPV keluarga 7-Seaters, yang waktu itu Ertiga menjadi penantang langsung dari Toyota Avanza. Berselang sekitar 6 tahun, All New Ertiga akhirnya dirilis juga dengan segenap pembaruannya mulai dari sisi eksterior, inside hingga mesin. Selanjutnya di tahun 2019 ini juga direncanakan pembaruan kembali dalam bentuk Facelift. All New Suzuki Ertiga hadir dengan wajah dan mesin baru. Memang tak dipungkiri, pesaingnya yaitu Avanza dan Xenia baru, diberikan penyegaran pada awal tahun 2019. Sebuah langkah yang tajam dari kompetitornya, inilah yang membuat PT. Suzuki Indomobil Sales tak mau kalah dengan menghadirkan beberapa hal menarik sehingga Suzuki Ertiga semakin terlihat sempurna.

Eksterior Suzuki Ertiga

Dilihat dari desain tampilan eksterior Suzuki Ertiga 2019 masih sama dengan versi terdahulunya All New tahun lalu. Wajah Ertiga berubah dengan dipadukannya beberapa sentuhan modern pada bodinya. Jika dibandingkan dengan kompetitornya seperti Avanza ataupun Mitsubishi Xpander, Ertiga cenderung terlihat lebih kalem. Pada bagian Front Grille masih terlihat sama seperti versi terdahulunya All New Ertiga 2018. Menggunakan konsep bergerigi dibalut aksen krom mengkilap serta latar berwarna hitam. Jika dibandingkan dengan Xpander atau Avanza 2019 yang memiliki wajah lebih agresif, sedangkan Ertiga masih membawa aura Low MPV seperti generasi pertamanya.

Pada bagian sudut lampu juga dihias menarik. dengan racikan desain tajam, lampunya juga menerapkan konfigurasi Halogen. Adapun di sisi bawah disematkan lampu kabut sehingga semakin memberikan kualitas pencahayaan lebih mumpuni. Selain itu, pembaruan dari sisi eksterior kini lebih diterapkan pada varian terendahnya yakni Ertiga GL yang sudah dilengkapi lampu kabut. Sebagai informasi bahwa Ertiga GX sebagai varian tertingginya akan diberikan ubahan menarik khususnya pada sisi Velg. Desain Velg juga berubah menjadi lebih sporty dengan 2 Tone Black Polished Alloy Wheel. Meski perubahannya terkesan minor namun kini tampilan Ertiga GX menjadi lebih menawan daripada tipe sebelumnya. Suzuki Ertiga 2019 diberikan pembaruan minor di beberapa sisinya.

Sentuhan baru juga terlihat pada fitur Rear Defogger khususnya pada varian GX. Fungsinya untuk meminimalisir terjadinya embun pada kaca belakang sehingga visibilitas dapat lebih terjaga dengan baik. Pada bagian bodi belakangnya sendiri terlihat cukup mengesankan terutama dari sisi lampu. Dengan desainnya yang berbentuk L baik pada sisi kiri dan kanan. Hal menarik lainnya, pada bagian lampu sudah didukung konfigurasi LED 3D Tail Lamps sehingga mampu memberikan kualitas pencahayaan yang cukup baik pada saat proses parkir ataupun berkendara di malam hari.

Interior Suzuki Ertiga

Sekarang kita membahas tentang tata ruang interior Suzuki Ertiga 2019, saat ini mengalami perubahan baik dari segi hiburan maupun aspek ergonomis. Pada Bagian dashboard-nya terasa sangat elegan serta Premium. Hal ini didasari oleh paduan warna Dual Tone yakni hitam pada sisi teratas dalam, aksen kayu pada panel tengah serta Beige di bagian bawah. Hal inilah yang menjadikannya terasa sangat nyaman serasa berada dalam kabin mobil mewah. Dashboard Suzuki Ertiga 2019 dikemas cukup ergonomis yang memudahkan pengendara mengaktifkan beragam fiturnya.

Lini setir sendiri juga tak luput dari esensi mewah serta klasik. Dengan menggunakan desain setir tiga palang dengan posisi menyiku pada sisi bawahnya. Adapun aksen kayu disematkan pada sisi terbawah lingkar setirnya yang memberi nuansa klasik namun elegan. Setir Suzuki Ertiga 2019 dilengkapi tombol pengaturan audio yang tersambung langsung dengan panel Head Unit-nya Di sisi lain, fitur praktis juga disematkan layaknya tombol pengaturan audio dan konektivitas. Hal ini tentu saja memberi sensasi ergonomis yang memudahkan pengendara dalam mengaktifkan fitur Multimedia tanpa harus kehilangan fokus dalam menyetir. Hal menarik lainnya adalah hadirnya fitur Tilt dan Telescopic Steering.

Kabinnya sendiri terasa cukup lega, mengingat dimensi Wheelbase-nya berada di angka 2.740 mm. Adapun ruang kaki di semua deret kursinya juga terasa sangat akomodatif. Hal inilah yang menjadikannya terlihat sangat berkompeten sebagai mobil keluarga 7-Seaters. Kursi Suzuki Ertiga 2019 mampu menampung 7 orang sekaligus, sehingga cocok untuk kebutuhan keluarga. Untuk kapasitas bagasi dari Suzuki Ertiga 2019 ini pun terbilang cukup lumayan untuk sebuah mobil Low MPV. Suzuki Ertiga memiliki ruang bagasi regular sebesar 209 Liter dan bisa ditingkatkan hingga 803 Liter jika bangku kedua serta ketiga dilipat.

Fitur Suzuki Ertiga

Fitur Suzuki Ertiga telah mengalami pembaruan terutama dari segi keselamatan dan hiburan. Untuk perubahan Suzuki Ertiga kali ini akan lebih ditonjolkan dari sisi kenyamanan sebagai pilihan mobil keluarga Indonesia.

Fitur Keselamatan Suzuki Ertiga

Fitur yang saat ini sudah dikenal pada Ertiga adalah Electronic Stability Program (ESP). Sehingga mobil Suzuki Ertiga dibilang lebih stabil daripada mobil lainnya. Namun sayangnya, teknologi ESP ini akan ditiadakan. Walaupun ini merupakan kebijakan dari PT. SIS nantinya. Tentu itu menjadi pilihan Anda, apakah fitur kestabilan ESP ini masih menjadi salah satu hal yang masih perlu perhitungkan lagi atau tidak.

Mengenai fitur ESP, ini telah digantikan dengan adanya penambahan fitur Assist Grip Foldable yang terdapat pada plafon bangku pertama serta kedua. Selanjutnya pada bangku ketiga dibekali juga dengan fitur Fixed Assist Grip yang fungsinya sebagai pegangan penumpang khususnya disaat melaju di jalanan kurang baik. Fitur merupakan solusi minor dari Suzuki untuk menjawab tidak adanya ESP pada versi terbaru nya kali ini. Lalu, ada fitur Foldable Assist Grip juga sudah disematkan pada bangku kedua dan pertama.

Terlepas dari itu semua, Suzuki Ertiga masih kokoh dengan adanya teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Untuk performa pengereman menjadi lebih presisi dan juga handal di berbagai kondisi. Hal tersebut ini yang nyatanya ditunjang oleh rangka bodi Heartect yang diklaim mampu meminimalisir dari benturan sehingga memberikan nuansa berkendara yang lebih nyaman dan empuk.

Fitur kenyamanan Suzuki Ertiga

Fitur dari Suzuki Ertiga ini di sisi lain tersedia juga teknologi Hill Hold. Sebuah teknologi yang memberikan kemudahaan pengendara untuk menaiki tanjakan. Anda hanya cukup perlu menekan pedal gas saja tanpa perlu khawatir kendaraan merosot ke arah belakang. Selanjutnya dari segi fitur hiburan pun, Ertiga mengalami perubahan dalam hal panel audio. Selain sudah mendukung format Apple CarPlay dan Android Auto, audionya juga terlihat lebih besar dengan ukuran 17,eight cm. Tentu hal ini akan membuat penumpang terasa lebih dimanjakan misalnya saat menonton video selama perjalanan. Hal menarik lainnya, tersedia fungsi navigasi pada panel audionya sehingga Anda tak perlu khawatir tersesat jika di space baru. Audio Suzuki Ertiga 2019 mampu memberikan kualitas suara yang lebih jernih

Di sisi lain, terdapat fitur penyejuk yang menyajikan konfigurasi otomatis. Anda hanya cukup menekan beberapa tombol pada panel tersebut untuk mengukur suhu kabin yang Anda inginkan. Terakhir adalah tombol Engine Start Stop yang mana untuk menghidupkan mesin secara praktis dengan satu sentuhan saja.

Mesin Suzuki Ertiga

Spesifikasi mesin yang disematkan pada Suzuki Ertiga 2019 sendiri tidak mengalami perubahan, masih sama dengan versi All New terdahulunya yang menggunakan mesin berkode K15B dengan kapasitas (1.462 cc) empat silinder. Pada injakan pedal gas di awal terasa sangat mulus dan enteng, sehingga berbeda dengan Ertiga pada generasi terdahulunya. Dari segi ini, tentu bisa dipahami bahwa PT. SIS memberikan peningkatan kenyamanan pada operasi mesinnya. Mesin ini kemudian dipasangkan dengan pilihan transmisi handbook lima percepatan dan otomatis empat percepatan CVT. Dengan kombinasi mesin dan transmisi tersebut akan mampu menghasilkan tenaga power maksimum hingga 104,7 PS (103.2 Tk) pada putaran ke 6.000 rpm dan sanggup meraih puncak titik torsi maksimum hingga 138 Nm per 4.400 rpm. Tak hanya itu, untuk konsumsi sistem bahan bakarnya sendiri masih menggunakan teknologi MPI (Multi Point Injection) sehingga dalam konsumsi bahan bakarnya menjadi semakin irit dan efisien. Tentu saja, dengan pembaruan tipe mesin pada spesifikasi Suzuki Ertiga model terbaru ini untuk performanya menjadi semakin handal dan pastinya ramah lingkungan.