Suzuki Ignis 2020

Review Suzuki Ignis

Suzuki sebagai salah satu pabrikan mobil di Indonesia saat ini menghadirkan kembali produk terbarunya di kelas city automobile yang bernama Suzuki Ignis. Mobil yang diperkenalkan pada tahun 2017 ini cukup mendapatkan tempat dihati para pecinta otomotif yang menginginkan mobil untuk dikendarai di dalam kota tanpa dimensi yang besar dan dengan bobot yang ringan. Dengan bodi yang sekelas mobil LCGC biasa, Suzuki Ignis mampu menjadi salah satu kuda hitam persaingan mobil – mobil di kelas metropolis automobile, bersaing dengan Toyota Yaris dan Honda Jazz yang sudah lebih dulu menikmati pasar Indonesia.

Dengan memakai bahan bakar jenis bensin, walaupun Suzuki Ignis memiliki dimensi kecil namun mobil ini sudah dibekali dengan mesin 1250 cc, yang mana tenaga mesin Suzuki Ignis ini bisa mencapai 89 HP dengan torsinya mencapai 118 nm, serta ditambah dengan sistem transmisi 5 percepatan yang pastinya akan membuat Suzuki Ignis memiliki kemampuan berkendara yang cukup baik.

Suzuki menghadirkan Suzuki Ignis dengan sistem penggerak 2WD, sedangkan untuk sistem suplai bahan bakar mobil ini menggunakan sistem MPFI (injeksi Bahan Bakar) dimana pada suplai bahan bakar untuk mengontrol pemakaian bahan bakar, serta dengan memakai sistem kemudi rack & pinion yang akan membuat anda menikmati sensasi berkendara yang baik. Disamping itu, dengan desain bodynya yang kecil secara pasti akan semakin membuat mobil ini mampu melesat dengan baik.

Dimensi Suzuki Ignis

Jika kita perhatikan Suzuki Swift mobil memang berukuran kecil, namun Suzuki Ignis ukurannya lebih kecil lagi, berada pada segmen mobil Crossover suzuki ignis memiliki dimensi 3.seven hundred x 1.690 x 1.595 mm dengan dimensi tersebut dapat dipastikan bahwa Suzuki Ignis sebagai salah satu mobil crossover kecil yang di jual di Indonesia saat ini, walaupun secara dimensi mobil ini kecil namun jika setelah masuk kedalam mobil ini tidak terlalu merasa kesempitan, hal ini terlihat dari penataan ruang dari Suzuki yang baik membuat mobil masih cukup longgar dan lega.

Desain Eksterior Suzuki Ignis

Walaupun bodinya terlihat kecil, namun jika kita lihat dari desain physique mobil ini terkesan gagah pada bagian depan, mulai dari tampilan grill depan yang terlihat adanya lubang-lubang pada grill serta aksen chrome yang mengelilingi bagian headlamp dan grill terlihat memberikan kesan yang pas dengan tampilan bumper, untuk bumper mobil ini terlihat perpaduan antara sporty dan gagah dengan tampilan bumper bawah yang menggunakan berwarna hitam dop. Lalu, untuk tampilan foglamp terlihat masih dengan desain membulat.

Selanjutnya pada tampilan bagian samping akan menjumpai velg berwarna hitam velg pada ban berukuran R16. yang terlihat mencolok lainnya pada bagian samping adalah dengan warna deal with pintu yang berwarna chrome, pada bagian samping ini juga akan menjumpai lampu sein yang berada pada spion mobil, selanjutnya pada bagian spion mobil suzuki ignis ini sudah menggunakan spion otomatis. Tampilan ujung kaca mobil bagian samping yang di desain melancip juga semakin pas dengan adanya garis chrome yang mengitarinya.

Pada bagian samping terdapat spoiler yang didesain cukup besar, pada tipe lain juga ada yang tidak menggunakan spoiler, untuk tampilan belakang sendiri terlihat cukup trendy dengan desain stoplamp yang mengotak serta pada saat mengerem terlihat desain dari stoplamp ini yang cantik, meskipun dimensinya cukup kecil Suzuki tidak lupa menambahkan wiper pada bagian belakang ini, yang cukup mencolok terlihat pada bagian samping dimana terlihat lubang udara dibagian physique belakang.

Desain Interior Suzuki Ignis

Seperti pada mobil kecil pada umumnya, Suzuki Ignis memang tidak menawarkan kabin yang luas. Akan tetapi yang ditawarkan Ignis adalah ukuran kabin yang sangat compact mengingat tidak banyak house yang digunakan. Namun, Suzuki telah menyematkan banyak fitur di dalamnya seperti head unit berukuran 7 inchi yang berada di dashboard dengan tampilan futuristik lengkap dengan aksen silver hitam, elegan dan cocok buat anak muda. Pada bagian tuas kemudi disematkan juga audio swap management sehingga anda tidak perlu menggeser tangan anda lebih jauh jika ingin mengubah saluran radio favorit anda, dan tentu saja, auto local weather control sudah tersedia pada varian GX.

Selain itu, pada konfigurasi jok yang menggunakan 60:forty membuatnya bisa menampung barang bawan lumayan banyak walaupun terlihat bagasi kecil, namun tidak demikian. Tidak banyak perbedaan interior antara versi Ignis standar dengan Ignis sporty, hanya eksterior saja yang terlihat perbedaannya. Dari segi inside sendiri, kelir warna didominasi red pearl ada pada versi standar selanjutnya pada versi sporty lebih di dominasi warna blue pearl.

Dapur Pacu Mesin Suzuki Ignis

Mobil Suzuki Ignis hadir dalam versi standar dan versi sport ini memiliki mesin yang cukup mumpuni jika digunakan di dalam kota. Berbekal mesin three silinder dengan menggunakan mesin berkode K12M dengan kubikasi silinder 1.197cc menjadikan mobil Suzuki Ignis ini gesit dan lincah dikendarai di jalanan macet. selain itu dengan mesin 1.2L mobil ini mampu meraih kecepatan maksimal 83 ps/6.000 rpm dengan torsi nya sendiri sampai 113 Nm. Dimana secara pastinya mengendarai mobil Suzuki Ignis dengan menggunakan kecepatan rendah masih terasa asyik. untuk sistem transmisi sudah dibekali dengan sistem transmisi 5 percepatan, namun ada perbedaan pada tipe tertinggi menggunakan penggerak 4WD.

Selanjutnya untuk suplai bahan bakar sendiri Suzuki Ignis menggunakan sistem MPFI milik Suzuki yang dimana pengeluaran bahan bakar akan lebih terkontrol serta dengan lolosnya Euro 2 maka dapat dikatakan bahwa mobil ini memiliki gas buang yang lebih ramah lingkungan. Selain itu mobil ini sudah dibekali dengan sistem kemudi Rack and Pinion yang bisa diatur kendali kemudinya, secara kesimpulan rasanya Suzuki Ignis dengan bodinya yang mungil dan berbekal mesin 1250 cc boleh dikatakan cukup baik dan powerfull. Suzuki Ignis baik itu versi standar ataupun versi sporty memiliki dimensi yang sama, perbedaannya hanya terdapat pada bagian aksesoris eksterior nya saja.

Fitur Keamanan & Keselamatan

Dengan desainnya yang mungil tampaknya tidak membuat Suzuki mengurangi berbagai macam fitur dari mobil ini, fitur-fitur wajib yang terdapat pada mobil Suzuki Ignis ini juga tergolong lengkap mulai dari fitur Hiburan, Keamanan dan keselamatan, bahkan pada fitur hiburan sendiri mobil baru milik Suzuki ini , salah satunya adalah Adanya LCD monitor 7 inchi yang mana selain bisa mengontrol kinerja mobil pada fitur ini, anda juga bisa menggabungkan smartphone dengan koneksi bluetooth dan kabel usb, dengan adanya fitur ini anda akan dimudahkan saat melakukan panggilan phone dan menghindari kecelakaan.

Selanjutnya untuk fitur keselamatan terdapat berbagai fitur yang wajib, yaitu adanya twin SRS Airbags pada penumpang bagian depan dan pengendara tentunya ini menjadi fitur yang sangat penting dan penggunaan sistem pengereman ABS juga semakin memberi kenyamanan karena memiliki teknologi pengereman terbaik dari Suzuki Ignis, selain bagian depan ternyata SRS airbags yang digunakan Suzuki Ignis juga terdapat pada bagian samping mobil.

Konsep dari Suzuki Ignis ini sendiri didesain lebih kecil dari dimensi mobil milik Suzuki sebelumnya seperti Suzuki Swift, hadir dengan konsep metropolis automotive mobil yang dibekali dengan mesin 1250 cc ini pastinya akan sangat lincah saat bermanuver di jalanan perkotaan. Desainnya sendiri yang crossover ini menjadi pilihan baru untuk anda yang mencari mobil dengan harga dibawah 200 juta.

Dari fitur yang disematkan pada mobil Suzuki Ignis yang harga dibawah 200 jutaan ini memiliki banyak fitur unggulan seperti sudah adanya sistem pengereman ABS, meskipun demikian pada tipe tertentu mobil ini belum memiliki sensor parkir hal ini tentunya akan menyulitkan sobat dalam memarkir kendaraan apalagi jika tidak ada tukang parkir, namun mobil ini juga sudah menggunakan Dual Airbags seperti yang kita ketahui fitur airbags akan sangat membantu apabila terjadi benturan kepada mobil.