Suzuki Ignis, Si Mungil Yang Super Hemat!

Otoloka.id – Siapa sih yang tak kenal dengan Suzuki Ignis, mobil mungil di segmen hatchback crossover ini yang memiliki kontribusi besar bagi penjualan Suzuki di Tanah Air. Pasalnya, berdasarkan information Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Ignis berada di jajaran teratas dalam daftar penjualan mobil city automobile.

Banyak pula diakui oleh kalangan masyarakat awam yang belum terlalu mengenal dengan beberapa spesifikasi mobil, akan tetapi saat mereka mencoba mengemudikan Suzuki Ignis pasti akan merasa sangat puas, kenapa?

Tentu saja karena Suzuki Igris fitur teknologinya sudah canggih, hal yang terpenting adalah bensinnya sangat irit walaupun teknologi dan mannequin nya sudah sekelas dengan mini cooper.

Ignis harga ekonomis dari segi harga maupun penggunaan. Meski harganya yang cukup terjangkau namun Suzuki Ignis ini mampu menawarkan kualitas setara dari mobil di atasnya. Mobil ini benar-benar memiliki banyak kelebihan dibandingkan kekurangannya.

MenurutOtolokamobil ini sangat asyik dibawa jalan-jalan karena penggunaan bahan bakar yang sangat hemat, hampir sama dengan motor wow sungguh kesan yang sangat menarik bukan, para pecinta otomania

Spesifikasi Suzuki Ignis

Ada dua versi atau varian yang telah dipasarkan di Indonesia, yakni GL yang merupakan tipe terendah sedangkan tipe GLX yang merupakan tipe tertinggi.

Pada tipe GL sayangnya hanya tersedia transmisi handbook, jadi sangat masuk akal jika mobil ini dihargai cukup murah, cukup dengan 150 juta rupiah anda sudah memilikinya. GLX tersedia dalam transmisi handbook atau pun matic yang dikenal dengan nama AGS (Auto Gear Shift). Fitur keduanya juga berbeda, seperti pemakaian headlamp yang berbeda.

Apabila anda membeli tipe GLX maka akan mendapatkan headlamp projector yang dilengkapi DRL. Selain itu, tersedia pula Fog Lamp pada tipe GLX. Nah apabila membeli tipe GL, maka and hanya mendapatkan lampu utama halogen dan tidak dilengkapi DRL serta Fog Lamp.

Perbedaan lainnya adalah Roor Rails yang hanya dimiliki Suzuki Ignis GLX. Jadi lebih baik membeli tipe GLX, meski harga Suzuki Ignis yang kita beli dibanderol lebih mahal dibandingkan tipe GL.

Secara keseluruhan desain Suzuki Ignis terlihat sporty dan fashionable. Adapun dimensinya memiliki ukuran panjang 3.seven hundred mm, lebar 1.690 mm, dan ketinggian 1.595 mm. Yang paling menonjol adalah jarak terendah ke tanahnya, karena terlihat sangat tinggi dengan jarak mencapai 180 mm.

Alhasil mobil ini bisa melewati berbagai medan jalan dengan aman dan nyaman. Kemudian untuk bagian interior, Suzuki melengkapinya dengan dua baris tempat duduk yang bisa menampung 5 orang penumpang.

Mesin Suzuki Ignis

Ignis dibekali mesin berjenis K12M 4-silinder dengan kapasitas 1, 197 cc. Mesin mampu memberi kecepatan torsi sebesar 113 Nm di four.2000 rpm, dengan tenaga yang sudah cukup maksimal yakni 83 PS di kecepatan 6.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan disalurkan ke dalam dua pilihan transmisi, yaitu guide 5-percepatan dan otomatis Auto Gear Shift (bisa matik dan manual).

Konsumsi bahan bakar dari mesin ini terbilang irit, sebab Suzuki Ignis telah menggunakan Suzuki EcoEngine Technology yang sudah standar EURO 4. Berdasarkan hasil tes BT2MP – BPPT Oktober 2018, Suzuki konsumsi bahan bakar konsumsi bahan bakar transmisi manual sebesar 21,eighty one kilometer per liter dan transmisi matik sebesar 20,15 kilometer per liter.

Spesifikasi Mesin Suzuki Ignis
Jenis : K12M
Isi Silinder : 1,197 cc
Jumlah Katup : 16
Jumlah Silinder : four
Diameter : seventy three.0 mm / 71.5 mm
Perbandingan Kompresi : eleven.0
Daya Maksimum : eighty three/6,000 PS / rpm
Momem Puntir Maksimum : 113/4,200 Nm / rpm
Sistem Bahan Bakar : Multipoint Injection
Dimensi Suzuki Ignis
Panjang Keseluruhan : 3,700 mm
Lebar Keseluruhan : 1,690 mm
Tinggi Keseluruhan : 1,595 mm
Jarak Poros Roda : 2,435 mm
Jarak Pijak Depan : 1,460 mm
Jarak Pijak Belakang : 1,470 mm
Jarak Terendah : 180 mm
Radius Putar Minimum : 4,7 m

Performa Suzuki Ignis

Tahu tidak, jika ternyata di balik tampilan Suzuki Ignis yang menarik, ternyata bersemayam mesin K12M berkapasitas 1.200 cc DOHC VVT. Sumber penggerak dari Suzuki Ignis ini memiliki tenaga 84 hp dan torsi maksimal one hundred fifteen Nm. Perjalanan dengan padatnya jalan di perkotaan tetap akan anda menikmati dengan Suzuki. Sangat praktis tak ada kendala yang berarti jika anda mengendarai Suzuki Ignis, semua bisa dilewati dengan menyenangkan.

Kombinasi mesin dan sistem transmisi bekerja saling mengisi dalam menyediakan tenaga kapan saja dibutuhkan. Dan untuk memaksimalkan unjuk kerjanya Anda butuh sedikit beradaptasi dan memahami duet ini terutama karakter dari AMTnya.

Fitur Suzuki Ignis
Sebagai generasi baru urban SUV, Ignis memiliki fitur-fitur berkelas yang dapat mendukung mobilitas. Untuk menunjang keselamatan, Suzuki Ignis telah dibekali Dual SRS Airbag yang siap melindungi penumpang dan pengemudi di baris depan.

Selain itu, saat pengereman mendadak mobil akan tetap stabil berkat teknologi pengereman Anti-Lock Braking System (ABS). Fitur keamanan dan kenyamanan lain yang terdapat pada Ignis adalah Keyless Entry and Push Start/Stop Button yang memudahkan pengemudi saat menyalakan mesin, tanpa harus menggunakan anak kunci.

Interior Suzuki Ignis

Memasuki Interior, kabin dari Suzuki Ignis memiliki desain yang imbang dengan eksteriornya. Pada head unit maupun dashboardnya, memiliki desain yang futuristik dimana sudah dilengkapi dengan beberapa sistem hiburan seperti Radio, MP3/CD, USB dan Bluetooth.

Masih pada sektor tengah dashboard terdapat pengaturan suhu dalam kabin lewat Auto Climate A/C and Heater. Bergeser ke bagian stir kemudi, pengemudi akan mendapatkan kemudahan dalam mengatur audio lewat New Steering Wheel Switch Control.

Meskipun dimensi dari Suzuki Ignis tidak terlalu lapang, namun pengemudi masih dapat mendapatkan kenyamanan saat berkendara. Bagian legroom dan headroom masih cukup lapang untuk pengemudi dengan tinggi badan a hundred and eighty cm. Ruang bagasi juga cukup lapang, bahkan dapat menampung barang bawaan dengan kapasitas 469 liter (jika kursi belakang dilipat) dan 260 liter (jika kursi belakang tidak dilipat).

Rangka Suzuki Ignis
Sistem Kemudi : Rack & Pinion
Suspensi Depan : McPherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang : Torsion Beam with Coil Spring
Rem Depan : Ventilated Disc
Rem Belakang : Drum, Leading &Trailing
Ukuran Ban : a hundred seventy five/65R15
Transmisi Suzuki Ignis
Perbandingan Gigi Akhir 3.272
Ratio Gear
Gear MT AGS
1st 3.545 three.545
2nd 1.904 1.904
3rd 1.240 1.240
4th 0.914 0.906
5th zero.717 zero.696
Mundur / Reverse three.272 three.394

Eksterior Suzuki Ignis
Suzuki Ignis hadir lewat desain yang sporty dan atraktif. Konsep Clam Shell Bonnet terlihat pada rancangan gril depan berkelir krom dengan logo S, memperkuat karakter SUV Suzuki Ignis. Dari segi pencahayaan sudah tidak diragukan lagi karena sudah menerapkan LED projector Headlamps dengan DRL khusus pada tipe GX, cahaya cukup terang sehingga pengemudi sangat jelas melihat hingga radius yang jauh.

Bergeser ke bagian bawah terdapat fog lamp dengan balutan krom, yang membuat tampilan jadi lebih sporty elegan.

Tampilan sporty semakin kental berkat adanya roof rails di bagian atap, serta desain velg five trapezoid berukuran 15 inci dengan floor clearance yang cukup tinggi. Bagian belakang Suzuki Ignis memiliki desain retro yang terinspirasi dari Suzuki Fronte Coupe, hal tersebut memberi nilai tambah mobil ini.

Demikianlah artikel evaluation ini bagi para pecinta otomotif dimana pun anda berada. Semoga bermanfaat

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya.
Akses kami lebih nyaman dan mudah!