Suzuki Jimny, Mobil Mini Bertenaga Badak!

Otoloka.id – Jika mendengar kata ‘jimny’ langsung teringat dalam benak dengan mobil offroad kecil masa lampau yang di jual oleh Suzuki, mobil ini sungguh beda dari mobil yang lain, bentuknya kecil tapi tenaganya bertenaga badak. Asyik sekali di buat nanjak di desa desa, gunung gunung, jalanan becek berlumpur pokoknya, mobil ini mampu melibasnya dengan mudah.

Rata-rata di era 90an semua orang hampir dikatakan memiliki mobil Jimny lama ini. Karena harganya yang terjangkau dan spare partnya mudah diperoleh. Namun mobil ini sempat tergeserkan oleh jaman dan mobil mobil offroad lainnya yang lebih fashionable, sedih sekali rasanya.

Tapi untungnya ditahun 2019 PT. Suzuki Indonesia akhirnya kembali memunculkan sang legenda offroad kecil mungil ini, dan akhirnya the New Suzuki Jimny baru -baru ini sudah keluar, bentuknya yang sangat horny dan di tambah perpaduan warna twotone yang bagus.

Suzuki Jimny ini akhirnya bisa menarik minat para pembeli bahkan kolektor Jimny sendiri bahkan membelinya dan memilikinya lagi. Karena bentuknya memang bagus dan sangat keren sampe muncul istilah “The Legend Is Back”.

Spesifikasi Suzuki Jimny

Berdasarkan risetOtoloka, spesifikasi lengkap Suzuki Jimny 2019 ini mengusung mesin berkode K15B. Mesin yang digunakan pada Jimny ini serupa dengan Suzuki Ertiga yang juga menggendong mesin K15B. Namun, pihak Suzuki mengklaim jika komponen mesin yang digunakan antara Jimny dan Ertiga tetap saja berbeda.

Hanya ada beberapa komponen di mesinnya yang sama antara Jimny dengan produk Suzuki lainnya. Apabila komponen tersebut memiliki kesamaan part quantity maka bisa saling ditukarkan. Sementara dengan All New Ertiga, hanya 7% half engine yang sama.

Dari sisi spesifikasi lengkap Suzuki Jimny ini membawa mesin berkapasitas 1.462 cc, four silinder ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 102 hp dengan torsi maksimal 130 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda bagian belakang dengan dua pilihan transmisi.

Transmisi guide dibekali dengan 5 velocity, sedangkan otomatis memakai 4 velocity. Mobil SUV legendaris ini dibekali dengan transmisi 4×four dengan mode 2H, 4H dan 4L. Tuas perpindahan 4×4 dapat dioperasikan dengan mudah melalui tuas di dekat rem tangan. Pihak Suzuki mengklaim jika mengendarai Suzuki Jimny generasi baru ini sangat berbeda dibandingkan dengan Jimny generasi-generasi sebelumnya.

Mesin Suzuki Jimny
Kehadiran inti dapur pacu dengan four silinder SOHC 970 cc berkode F10A menghantarkan Suzuki Jimny sebagai mobil generasi kedua yang terbilang sukses.

Suzuki versi domestic Jepang, yakni F10A memiliki tenaga fifty two detik/ 5000 rpm, sedang yang versi luar negeri butuh forty five detik/ 5.500 rpm, penyebab hal Ini karena durasi camshaft dan karburator yang dipakai.

Performa Suzuki Jimny

Suzuki Jimny generasi kedua alias Suzuki Jimny 1000 (SJ40 atau SJ410) merupakan mannequin yang diproduksi cukup lama.

Di Jepang sudah selama 17 tahun dari sejak tahun 1981 hingga 1998 Suzuki ini sudah merajai pasar otomotif khususnya tipe SJ40 dan SJ410, sedangkan yang versi ekspor SJ410 di beberapa negara semisal India dan Indonesia bahkan sudah menjadi primadona selama 15 tahunan lebih.

Pola output 4×4 yang dipadu dengan transmisi yang berfungsi secara otomatis yang disalurkan ke semua roda. Di mobil ini, Gerakan 4×4 tersebut disebut AllGrip Pro. Pada sebuah simulasi take a look at kecepatan, Suzuki Jimny memerlukan thirteen,7 detik untuk menempuh jarak dengan kecepatan one hundred km/jam

Terhitung lamban untuk SUV masa kini. Sebagai bentuk gambaran, contoh MPV Mitsubishi Xpander bertransmisi otomatis mobil dengan mesin 1.500 cc dengan physique yang lebih besar serta cukup berat mampu berlari dengan kecepatan km/ jam dan hanya perlu 12,9 detik. Sungguh luar biasa cepat kan!

Fitur Suzuki Jimny

Sebagai mobil yang dibanderol Rp jutaan, mobil ini termasuk mobil yang kaya akan fitur dan miliki spesifikasi lengkap Suzuki Jimny. Selain fitur yang sudah disebutkan di atas, mobil ini memiliki fitur yang cukup oke.

Di bagian lampu depan, mobil ini mendapatkan LED projector yang bisa diatur naik turunnya pencahayaan. Selain itu, ada juga washer yang terdapat di bagian bawah lampu depan. Washer ini berguna untuk menyapu air saat lampu depan tertutup lumpur atau kotoran.

Bumper depan dari Suzuki Jimny ini juga dibuat dengan teknologi scratch-resistance bumper with wheel arch extention. Bumper ini merupakan bumper anti gores yang mampu melindungi mobil dari gesekan. Di bagian samping, terdapat over fender yang menggunakan bahan yang sama dengan bumper depan dan belakang. Bagian ini merupakan bagian yang tahan goresan, semakin menegaskan kesan kuat dan tangguh pada Suzuki Jimny.

Kaca spion pada Jimny 2019 ini juga sudah bisa dilipat dan diatur secara elektrikal. Di bagian pintu belakang, terdapat kaca belakang yang ditanamkan defogger. Bagaimana dengan floor clearance dari mobil ini? Suzuki Jimny 2019 memiliki ground clearance mencapai 210 mm dengan radius putar 4,9 meter.

Detail Interior Suzuki Jimny

Beralih ke bagian dalam. Interior Suzuki Jimny 2019 memiliki desain yang cukup oke. Dashboardnya di desain dengan warna hitam yang ditambah dengan material yang mudah digenggam. Untuk memanjakan pengemudi, Suzuki Jimny dibekali head unit berukuran 6,8 inci. Bahkan telah dilengkapi dengan fitur USB, bluetooth dan juga smartphone connection. AC pada mobil juga sudah dapat diatur menggunakan Auto Climate dengan heater.

Di bagian lingkar kemudi, terdapat beberapa tombol yang bisa digunakan untuk melakukan pengaturan. Pengaturan ini bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan pengaturan audio hingga menu.

Tak lupa, setir juga sudah dibungkus menggunakan bahan kulit yang membuat setir ini semakin nyaman digenggam. Belum selesai sampai disitu, Suzuki Jimny juga dibekali dengan fitur cruise management.

Bagi sebagian orang, mobil ini dirasa sudah memiliki tampilan yang sangat oke. Namun, PT SIS rupanya juga menyediakan perangkat aksesoris yang bisa membuat Jimny ini semakin keren.

Aksesori yang disiapkan berupa cowl spion berwarna krom, handle berwarna hitam doff, spatbor berwarna hitam, garnish bagasi, side body moulding, talang air hingga ground mat. Seluruh aksesoris ini ditawarkan secara terpisah dan dapat dibeli langsung di dealer resmi Suzuki.

Konsumen juga dapat memilih 8 warna yang disediakan. Mulai dari Kinetic Yellow, Brisk Blue Metallic, Chiffon Ivory Metallic, Superior White, Silky Silver Metallic, Medium Grey, Bluish Black Pearl three, dan Jungle Green.

Eksterior Suzuki Jimny
Beberapa bagian eksterior Suzuki Jimny generasi keempat ini mengadopsi tampilan tiga generasi sebelumnya. Seperti bentuk fog lamp dan head lamp LED projector terbaru yang menyerupai bentuk lampu Suzuki Jimny generasi pertama (LJ80). Dua garis horizontal di sisi kap Jimny terbaru juga mirip dengan Jimny generasi kedua (SJ410). Nah, bentuk gril depanya mirip dengan Jimny generasi ketiga (JB77).

Nah para pecinta motomania itulah sekilas tentang spesifikasi dari Mobil Suzuki Jimny sang legenda yang kembali diproduksi dengan wajah yang berbeda. Semoga bermanfaat.

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya.
Akses kami lebih nyaman dan mudah!