Suzuki Karimun Wagon R

Review Suzuki Karimun Wagon R

Perkembangan mobil city automotive di Indonesia, jika diingat pada salah satu tipe mobil Suzuki yang pernah laris manis sebagai salah satu mobil pilihan masyarakat, yaitu Suzuki Karimun. Sejak awal diperkenalkan Suzuki Karimun pada tahun 1999, langsung mampu menarik perhatian pasar lantaran modelnya yang identik dengan mobil kecil Eropa. Selain itu, Karimun dinilai sangat cocok sebagai mobil yang digunakan di space perkotaan karena didukung kelincahan bermanuver, pengendalian yang mudah, dan mesin yang irit bahan bakar. Namun, kemudian pasar Karimun semakin pudar tergerus pelan-pelan, dan membuatnya cease produksi hingga beberapa tahun.

Sesuai kebijakan dari pemerintah yang memasukkan varian LCGC sebagai produk lokal, maka PT Suzuki Indomobil kini memperkenalkan kembali varian Suzuki Karimun Wagon R sebagai versi ‘reborn’ dari Suzuki Karimun. Dalam perkembangannya, Suzuki Karimun sendiri memang sempat mengalami beberapa evolusi, dari Karimun generasi pertama sampai yang terakhir Karimun Estilo. Suzuki dengan menghadirkan Karimun Wagon R sebagai salah satu unit mobil LCGC yang sekaligus sebagai pengisi kekosongan di pangsa pasar mobil murah yang cocok untuk di perkotaan. Dengan kehadiran Karimun Wagon R sendiri dibarengan dengan lahirnya beberapa unit LCGC dari kompetitor lainnya, seperti Daihatsu Ayla, Toyota Agya, dan Honda Brio. Suzuki Karimun Wagon R yang bernuansa LCGC ini berbeda dengan kebanyakan mobil LCGC lainnya. Hingga sampai akhir tahun 2015 ini, generasi baru dari Karimun ini terus tumbuh menjadi salah satu mobil andalan Suzuki di pasar otomotif Indonesia.

Mesin dan Dimensi Suzuki Karimun Wagon R

Suzuki Karimun yang awal mulanya pada tahun 1999 hanya mempunyai satu pilihan mesin dengan kapasitas 1.000cc yang berkonfigurasi empat silinder. Lalu dengan semakin berkembangnya teknologi dan segmentasi pasar yang terus berkembang, Suzuki Karimun Wagon R saat ini masih menggunakan mesin dengan kubikasi silinder yang sama yaitu 1.000cc, namun untuk teknologi yang digunakan berbeda seperti Multiport Injection yang menjadikannya efisien dalam pemakaian bahan bakar, selanjutnya perbandingan kompresi nya mencapai 9.2:1 dengan daya maksimum sebesar 68/6.200 dan torsi maksimum 90/three.500, membuat mobil ini walaupun kecil tetapi tidak kehilangan tenaga nya jika dikendarai di jalan bebas hambatan.

Mobil Suzuki Karimun Wagon R memiliki dimensi yang terbilang cukup baik dan sebagai mobil adalah city automobile, dan lumayan besar jika dilihat dari sisi LCGC. Mobil dengan panjang 3.635mm, lebar 1.475mm, dan tinggi 1.670mm ini terlihat lebih kotak dibanding kompetitor yaitu Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang terlihat lebih bakpau atau sedikit bulat, mirip dengan pendahulunya yaitu Toyota Starlet. Kapasitas penumpang yang hanya cukup untuk 5 orang juga membuat mobil ini terhitung sempit jika harus dinaiki oleh orang dengan tinggi lebih dari 170 cm dan bobot lebih dari 90 kg.

Sasis, Ban, dan Rem Suzuki Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R boleh menjadi salah satu pilihan yang harus anda pikirkan anda sedang mencari mobil di kelas LCGC karena memang terdapat banyak referensi merek lain dengan pilihan yang menawarkan kelebihan – kelebihannya. Salah satu kelebihan Suzuki Karimun Wagon R yaitu mesin yang kecil dan irit, juga terlihat dari kemudi yang digunakan. Rack & Pinion digabung dengan Electric Power Steering memberikan kemudahan bagi para pengemudi mobil tersebut karena akan sangat mudah untuk memutar gagang setir di setiap kondisi baik itu sedang menghadapi kemacetan maupun sedang berkendara santai menikmati matahari sore. Disamping itu, suspensi yang digunakan juga sangat nyaman yaitu MacPherson Strut with Coil Spring pada bagian depan dan three Links Rigid with Coil Spring pada bagian belakang, sehingga memberikan kenyamanan yang sempurna bagi pengendara dan penumpang.

Selanjutnya pada sektor ban dan rem mobil Suzuki Karimun Wagon R sudah memiliki komposisi yang nyaman, untuk pengereman depan dibantu oleh Ventilated Disc, lalu di bagian belakang menggunakan Drum atau “rem tromol”. Sistem pengereman ini ditutupi oleh ban dengan ukuran one hundred seventy five/sixty five R14 yang membuat mobil Karimun Wagon R ini sangat mudah dikendalikan di jalanan, dilengkapi juga dengan velg alloy ukuran 14 inchi yang semakin membuat terlihat manis dan bisa diandalkan.

Eksterior Suzuki Karimun Wagon R

Sebagai salah bagian dari mobil combine class antara metropolis automobile dengan LCGC, sudah seharusnya Suzuki Karimun Wagon R wajib memiliki tampilan yang berbeda, dengan meninggalkan kesan mobil mahal walaupun berada di kelas LCGC, dan memiliki kesan sebagai mobil hemat meskipun berada di kelas metropolis car. Pada bagian depan, mobil yang sudah banyak mengalami perubahan facelift ini yang memiliki grille yang sangat kotak, mengesankan bahwa mobil ini meskipun kecil namun tetap kokoh, lampu depan yang terlihat seperti varian Suzuki Jimny juga terlihat cukup bagus, dengan tambahan fog lamp juga yang berguna untuk berkendara pada malam hari dengan kondisi penerangan jalan yang sedikit.

Selanjutnya beralih ke samping, layaknya mobil LCGC pada umumnya, namun bukan murahan karena sudah dilengkapi dengan spion yang bisa dilipat secara otomatis, untuk penggunaan velg alloy ukuran 14 inchi semakin menambah kecantikan mobil ini jika dilihat dari sisi samping. Sementara itu di bagian sisi belakang, mobil ini tidak terlihat banyak perubahan dari versi sebelumnya, hanya terdapat tambahan seperti record krom diatas dudukan plat nomor kendaraan.

Interior Suzuki Karimun Wagon R

Suzuki Karimun memang sudah dikenal sebagai mobil kecil yang memiliki kapasitas bagasi cukup luas, hal ini juga masih terdapat kesamaan pada mobil Karimun Wagon R, terlebih memang dimensinya lebih besar dibanding Karimun versi lama yang hanya bisa menampung empat orang dewasa saja. Interior Suzuki Karimun Wagon R sekarang terlihat lebih efektif dalam menyimpang barang, terbukti dengan adanya Rear Tray untuk kemudahan penyimpanan yang tentunya bisa dilepas agar bagasi bisa lebih optimum, lalu penggunaan black cloth seat yang terlihat elegan, juga ada cup holder untuk menyimpan minuman bagi penumpang, dan jangan lupa kabin yang lebih besar juga menjadi nilai tambah dari Suzuki Karimun Wagon R ini.

Fitur Keamanan dan Keselamatan Suzuki Karimun Wagon R

Mobil Suzuki Karimun Wagon R yang harganya di kisaran one hundred jutaan ini terdapat beberapa fitur diantaranya yaitu pilihan transmisi yaitu handbook dan AGS atau Auto Gear Shift. AGS (Auto Gear Shift) ini merupakan sistem penggabungan dua tipe transmisi, baik manual ataupun otomatis. Biasanya mobil yang menggunakan fitur teknologi AGS ini sering digunakan pada sejumlah mobil berkelas premium, namun kini Suzuki Indomobil Sales memberikan teknologi ini pada mobil murahnya yakni Wagon R AGS. Para pengendara kini bisa merasakan sensasi berkendara layaknya mobil handbook dan otomatis dalam satu kendaraan. Dengan kehebatan teknologi AGS (Auto Gear Shift) yang sudah didukung aktuator hidrolik elektronik yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) dan menggunakan transmisi control modul untuk mengontrol kopling, perseneling gigi, dan mesin.

Selain itu terdapat fitur keamanan Suzuki Karimun Wagon R yang bertransmisi auto yang dilengkapi dengan sistem Immobilizer yang sudah menggunakan sinyal dari kunci elektronik sebelum mesin ECU (Engine Control Unit) bekerja. Selain itu untuk keamanan bagi pengemudi dan penumpang dari bahaya kecelakaan, yaitu adanya sabuk pengaman atau seat belt three-point ELR (Emergency Locking Retractor) yang akan secara otomatis mengunci dan menahan penumpang jika terjadi hantaman dan tabrakan secara tiba-tiba. Dengan transmisi manual 5 percepatan, serta transmisi semi otomatis AGS 5 percepatan yang disalurkan melewati penggerak roda depan, mampu memberikan traksi yang cukup responsif. Tidak lupa turut disandingkannya fitur modern seperti 2 Din Audio, AC Double Blower, Sensor Parking, ABS (Khusus tipe GX). Karimun Wagon R telah diaplikasikan fitur penunjang keamanan, seperti Immobilizer dan Central Lock yang sudah tersedia untuk semua tipe.