Suzuki New Ignis, Ini Detail Ubahan Dan Harganya

JAKARTA, Carvaganza.com – Suzuki tak mau berpangku tangan dengan kondisi wabah COVID-19 yang melanda Indonesia. Mereka tetap meluncurkan city SUVSuzuki Ignis facelift 2020 untuk konsumen Tanah Air. Unit gres ini awalnya direncanakan meluncur di IIMS 2020, 9 April. Namun lantaran pandemi COVID-19, gelaran itu harus rela dibatalkan. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun mengenalkan secara digital di akun jejaring sosial resmi. Harga sedikit berubah, naik Rp 5 juta.

Sekarang versi pembaruan dijual dalam empat pilihan. New Ignis GL MT dilabeli harga Rp 171 juta, GL AGS Rp 181 juta, GX MT dibanderol Rp one hundred ninety juta dan terakhir GX AGS Rp 200 juta. Semua berstatus on the street Jakarta. Jadi rata-rata naik Rp 4-5 juta dari sebelumnya.

“Kami melakukan sejumlah pembaruan pada Urban SUV. Dan Ignis menjadi model yang sangat digemari dan pada 2018 merajai jalanan. Kami hari ini merilis New Ignis 2020. Perbedaaanya ada di bagian depan, samping dan interior. Kami optimis mobil ini sanggup mengakomodasi kebutuhan kaum urban di Indonesia,” ucap Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales dalam presentasinya.

Lantas sebagai model disegarkan, apa saja yang berubah?

Eksterior
Mengusung tagline Urban SUV, Suzuki berusaha menjadikan tampilan mannequin ini lebih sporty. Bumper muka sedikit dibenahi, pakai model kotak-kotak. Ada lubang angin ala diffuser plus rumah lampu kabut sedikit dirombak. Tetap ada DRL berserta lampu depan LED proyektor. Di buritan bumper dikelir perak biar terlihat beda. Yang masih sama ialah lekatan fender hitam dan pakai roof rail, seolah menimbulkan kesan kuat city SUV. Pelek juga tak berubah, menggunakan diameter 15 inci lima kelopak, disemprot cat hitam.

Dari segi dimensi, New Ignis tak berubah. Ia punya panjang 3.seven hundred mm x 1.690 mm x 1.595 mm. Wheelbase punya ukuran 2.435 mm. Satu nilai positif Ignis adalah ukuran floor clearance yang lebih tinggi dari mobil sekelas.Jarak pijak tanahnya one hundred eighty mm, memungkinkan mobil melindas jalan tak rata atau tanggul jalan tinggi.

Kemudian sekarang ia memiliki lebih banyak warna. Yakni Pearl Arctic White, Metallic Silky Silver, Metallic Glistening Grey, Metallic Lucent Orange (baru), Pearl Mignight Black, Stargaze Blue Black (baru). Di varian GX ada Stargaze Blue with Black Roof (baru), Stargaze Blue with Silver Roof (baru), dan Lucent Orange eith Black Roof (baru).

Baca juga:Suzuki Ignis Baru Mau Meluncur, Cek Biaya Perawatannya

Interior
Di bagian interior tak banyak yang disentuh, boleh dibilang sangat minim. Yang utama adalah, Suzuki menawarkan corak lapis jok baru berbahan cloth. Sebetulnya kalau Anda ingin lebih nyaman, sebaiknya diganti dengan minimal balutan kulit sintesis guna memudahkan perawatan. Lalu peranti keselamatan standar seperti sensor parkir belakang, sistem peringatan kecepatan tinggi. Juga pengingat sabuk pengaman penumpang depan di ada di semua varian. Oh ya, tampilan kunci New Ignis juga hadir dengan bentuk baru yang lebih keren.

Mesin
Jantung pacu Ignis tak berubah. Masih memakai mesin penenggak bensin K12M 4-silinder 1.197 cc. Suplai tenaga puncak hingga eighty three PS pada 6.000 rpm. Kemudian Momen puntir bisa dihasilkan hingga 113 Nm. Output power dipadu transmisi manual 5-velocity. Atau pilihan lain transmisi Auto Gear Shift (AGS) sehingga Anda bisa memindah tuas ke mode manual seperti triptronik. Jenis transmisi otomatis ini dibilang lebih minim perawatan dan ongkos servis.

Tangki bahan bakar Ignis mampu menampung BBM 32 liter. Lantaran inner mekanikal bakar sama, dipastikan konsumsi bensin tak berubah. Berdasar pengujian BT2MP-BPPT, Ignis bertransmisi handbook cuma minum bensin 23,64 km/liter. Sementara pada varian Auto Gear Shift sebesar 23,44 km/liter.

Baca juga:Suzuki Stop Sementara Produksi Terimbas COVID-19, Layanan Tetap Normal

Fitur dan Safety
Nyaris semua fitur yang ada dipertahankan. Anda bisa menjumpai layar sentuh bergaya floating monitor sebagai pusat hiburan. Konektivitas tersedia mulai dari USB, AUX dan Bluetooth. Head unit dan telepon bisa dikontrol melalui tombol di palang lingkar kemudi. Di tipe GX, sistem pendingin kabin sudah pakai computerized local weather control (digital) dan tombol begin cease guna menghidupkan mesin. Keyless entry jua jadi peranti baru di trim ini.

Mobil anyar ini tetap berpijak pada struktur tubuh Heartect, diklaim lebih kokoh namun ringan. Termasuk sanggup menyerap benturan lebih baik. Sebagai pelindung tabrakan, Ignis dilengkapi dual SRS Airbags. Kemudian penghela laju kendaraan tersisip peranti seperti: Antilock Braking System, Electronic Brake-force Distribution dan Brake Assist. Di segmen ini ia besinggungan denganHonda Brio RS, Toyota Agya TRD. Masuk juga di ranah Kia Picanto dan harganya juga beda tipis dari Daihatsu Sirion.

Baca Juga:Suzuki Ignis 2020 Melantai di Indonesia, Ini Detail Harga dan Ubahannya

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN